Beda Jurusan Teknologi Pangan dan Ilmu Gizi, Intip Prospek Kerjanya

Bagi kamu yang tertarik pada pengelolaan bahan makanan, kamu mampu menyita jurusan pengetahuan gizi atau teknologi pangan. Kedua jurusan berikut kerap dianggap sama, padahal keduanya berbeda. Salah satu persamaan dari ke-2 jurusan berikut adalah sama-sama mempelajari segala faktor perihal makanan sehingga mampu membuahkan produk-produk makanan yang safe untuk dikonsumsi. Berikut perbedaan jurusan pengetahuan gizi dan teknologi pangan:

1. Fokus Jurusan Ilmu gizi berfokus pada penelitian pada komposisi kimia, mikrobiologi, dan struktur pada bahan makanan. Sedangkan, jurusan teknologi pangan berfokus pada aplikasi pengembangan pengetahuan pangan dan punya tujuan untuk mengolah makanan dalam industri.

  1. Peran Ketika kamu menyita spaceman jurusan pengetahuan gizi maka kamu bakal diberikan pengetahuan dasar bagaimana cara untuk mengembangkan produk makanan. Sementara itu, saat kamu memilih jurusan teknologi pangan kamu bakal mengaplikasikan pengetahuan berikut dalam menaikkan efisiensi mengolah makanan sehingga membuahkan produk yang memiliki kwalitas tinggi dan mampu dikonsumsi. 3. Mata kuliah Mata kuliah yang dipelajari pada jurusan pengetahuan gizi seperti pengetahuan bahan pangan, biokimia gizi, mikrobiologi pangan, metabolisme zat gizi, dan prinsip-prinsip pengetahuan gizi. Sedangkan mata kuliah yang dipelajari di jurusan teknologi pangan meliputi proses jaminan halal, teknologi pengemasan, teknologi fermentasi, dan teknologi rasa.
  2. Prospek kerja Jika kamu lulusan pengetahuan gizi, maka prospek kerjanya jadi ahli gizi di sebuah perusahaan yang mengolah makanan dan minuman atau jadi staf gizi di tempat tinggal sakit. Sementara itu, kecuali kamu lulusan teknologi pangan, prospek kerja kamu adalah jadi quality control, quality manager di perusahaan yang mengolah makanan. Jika kamu tertarik menyita jurusan pengetahuan gizi dan teknologi pangan di luar negeri, kamu mampu memilih sebagian kampus seperti di Taylor’s University Malaysia, University of British Columbia, University of Melbourne, University of Sydney, dan The University of Nottingham. Tetapi, banyak juga kampus di Indonesia yang udah punya jurusan pengetahuan gizi dan teknologi pangan seperti Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Pelita Harapan, Universitas Padjadjaran, Universitas Diponegoro, Universitas Airlangga, dan Binus University.