Belum Terima Gaji 3 Bulan, Perangkat Desa di Magelang Demo Kantor Kecamatan

Perangkat desa di Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang menjalankan unjuk rasa terkait gaji yang belum diterima selama tiga bulan terakhir.

Ratusan anggota slot77 login Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kecamatan Bandongan memadati kantor kecamatan setempat, Senin (1/4/2024).

Mereka menyatakan aspirasi soal gaji yang belum diterima semenjak awal Tahun.

Ketua PPDI Kecamatan Bandongan, Miftakhurrohman mengatakan, kepala desa (kades) dan perangkat desa di zonanya belum mendapatkan gaji selama tiga bulan akhir-akhir ini.

“Selama 4 tahun senantiasa seperti ini. Gaji belum turun di awal tahun,” sebut Sekretaris Desa Sukodadi, Bandongan itu.

Untuk menyambung hidup, Miftakh bilang, sebagian perangkat desa berutang ke sejumlah pihak. Tetapi, ada pula perangkat desa yang memiliki pekerjaan sampingan, seperti bertani.

“Untungnya tak ada perangkat desa yang terjerat pinjol [pinjaman online],” imbuhnya.

Camat Bandongan, Haryono mengatakan, Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) untuk 14 desa di zonanya sudah terbit.

“Insya Allah siang ini ditransfer (ke rekening pemerintah desa masing-masing). (Nominal gaji) dirapel untuk 3 bulan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Magelang, Gunawan Yudi Nugroho menyatakan, segala kades dan perangkat desa di zonanya belum mendapatkan gaji semenjak awal tahun ini.

Menurutnya, momen tersebut disebabkan pemerintah tempat menunggu ketetapan teknis pencairan penghasilan tetap (siltap) dari pemerintah sentra.

Saat ini sudah ada 324 dari sempurna 367 desa yang permohonan pencairan gaji masuk ke Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).

“Kurang 43 desa yang permohonannya belum masuk. Untuk tahap pertama, SP2D sudah turun untuk 118 desa,” kata Gunawan.