Honor dan Huawei Kuasai Pasar HP China

Vendor telepon seluler lokal China kian berkembang di negaranya, sedangkan Apple makin terperosok.

Hal ini nampak dari laporan pasar telepon seluler China untuk kuartal pertama (Januari-Maret) 2024 yang dirilis oleh firma riset global International Data Corporation (IDC).

Secara awam, pasar HP China tumbuh sebesar 6,5 persen secara YoY pada kuartal I-2024 ini. Berdasarkan laporan IDC, volume pengiriman HP diestimasikan menempuh 69,3 persen dalam tiga bulan pertama 2024.

Honor, Huawei, dan Oppo secara berurutan sukses menguasai pasar HP China pada kuartal I-2024.

Honor berada di posisi puncak dengan spaceman menguasai 17,1 persen pangsa pasar (China) HP China. Huawei memimpin pasar berkat tingginya permintaan kepada lini seri Magic6.

Selisih sedikit, Huawei menempati posisi kedua dengan market share 17 persen. Huawei “comeback” dengan pertumbuhan tahunan paling tinggi, yakni hingga 110 persen diperbandingkan periode yang sama tahun lalu (year-on-year/YoY).

Berdasarkan IDC, pertumbuhan Huawei yang signifikan ini didorong oleh festival belanja Tahun Baru Imlek. Selama periode ini, penjualan HP di segmen kelas bawah (entry-jenjang) dan menengah (mid-range), serta perangkat premium dengan AI turut terdongkrak.

Oppo berada di posisi ketiga dengan mengamankan 15,7 persen pangsa pasar. Pertumbuhan pengiriman (shipment) HP Oppo turun 15,5 persen secara YoY.

Sementara, raksasa vendor HP asal AS, Apple menempati posisi keempat. Pada kuartal I-2024 ini, Apple hanya sanggup meraup 15,6 persen market share. Pertumbuhan Apple di pasar China tercatat turun 6,6 persen diperbandingkan kuartal I-2023.

Posisi lima besar ditempati oleh Vivo dengan 14,6 persen pangsa pasar. Secara awam, pasar HP China tumbuh sebesar 6,5 persen secara YoY pada kuartal I-2024 ini. Berdasarkan laporan IDC, volume pengiriman HP diestimasikan menempuh 69,3 persen dalam tiga bulan pertama 2024.

Ini daftar 5 vesar vendor telepon seluler di China kuartal pertama (Q1) 2024, berikut pangsa pasar dan pertumbuhan YoY, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari situs IDC, Rabu (1/5/2024).

Apple juga terperosok di pasar global

IDC juga memublikasi laporan pasar telepon seluler global untuk kuartal I-2024 secara terpisah.

Laporan tersebut membongkar bahwa Samsung sukses menggeser posisi Apple dari pemegang takhta vendor telepon seluler nomor satu secara global.

Apple sekarang turun ke posisi kedua. Apple tercatat mengalami penurunan shipment yang cukup besar di kuartal I-2024.