Ini Harga Mobil Listrik Xiaomi SU7, Diklaim Lebih Canggih dari Tesla dan Porsche

Jakarta – CEO Xiaomi Lei Jun mengungkap akan menjual mobil listrik pertama perusahaan Xiaomi SU7 dengan harga di bawah 500.000 yuan atau sekitar USD 69.424 (nyaris Rp 1,1 miliar)

Lei Jun mengatakan mobil listrik Xiaomi SU7 adalah mobil terbaik, paling mudah dikendarai, dan terpintar di kelasnya.

Antisipasi terhadap mobil ini kian meningkat sejak Xiaomi meluncurkan kendaraan tersebut pada Desember 2023, dan mengumumkan bahwa mereka bertujuan untuk menjadi salah satu dari lima produsen mobil terbesar di dunia.

Mengutip Reuters, Senin (25/3/2024), perusahaan bahkan disebut-sebut memiliki teknologi yang mampu memberikan akselerasi lebih baik dibandingkan mobil listrik milik Tesla dan Porsche.

Dealer Xiaomi di Tiongkok juga mulai memamerkan slot 77 mobil tersebut mulai hari ini, di mana calon pelanggan dan blogger mobil mengantre untuk melihat SU7 versi “ocean blue” lebih dekat.

Selain itu, perusahaan mengunggah aplikasi “Xiaomi Car” untuk toko aplikasi di China.

Xiaomi SU7 akan hadir dalam dua versi: satu dengan jangkauan berkendara hingga 668km (415 mil) dengan sekali pengisian daya dan versi lainnya dengan jangkauan hingga 800km. Sebagai perbandingan, Tesla Model S memiliki jangkauan hingga 650 km.

Produsen ponsel pintar terbesar kelima di Tiongkok ini berupaya melakukan diversifikasi ke kendaraan listrik di tengah stagnasi permintaan ponsel pintar–sebuah rencana yang pertama kali diumumkan pada tahun 2021.

Perusahaan teknologi Tiongkok lainnya yang telah bermitra dengan produsen mobil untuk mengembangkan kendaraan listrik termasuk raksasa telekomunikasi Huawei dan perusahaan mesin pencari Baidu.