Jokowi Puji Perangkat IDTH Kominfo Sangat Modern: Anggarannya Rp 980 M

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan perangkat di Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi atau Indonesia Digital judi bola Test House (IDTH), milik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), betul-betul modern. Dia menyebut anggaran yang digelontorkan untuk membangun IDTH menempuh Rp 980 miliar.
“Tadi sudah disajikan oleh Menkominfo (Budi Arie Setiadi-red) terbesar dan terlengkap di ASEAN, dan jadi pusat sertifikasi perangkat digital di kawasan. Aku tadi sudah muter ke seluruh ruangan, memang perangkatnya super modern, betul-betul bagus,” kata Jokowi dalam sambutannya di lokasi, Tapos, Depok, Jawa Barat (Jabar), Selasa (7/5/2024).

Jokowi mengaku tak kaget dengan kecanggihan perangkat di IDTH. “Sebab memang untuk membangun ini anggaran yg digunakan hampir Rp 1 triliun kurang dikit, Rp 980 miliar. Jadi jikalau peralatannya canggih seperti itu ya jangan kaget karena anggarannya,” sebutnya.

Dia mengatakan IDTH mempunyai peran krusial. Bahwa perangkat elektronik seperti komputer jinjing dan telepon pintar, semuanya diuji di IDTH sebelum dipasarkan.

“Semuanya diuji di balai ini sebelum dipasarkan. Diuji di sini untuk memutuskan standar keamanan, standar kesehatan,” tuturnya.

Jokowi mau IDTH tak hanya menjadi tempat uji akta. Tapi ke depan, jadi tempat memperkuat ekosistem digital dengan kemudahan jalan masuk sertifikasi.

“Aku meminta Kominfo dorong IDTH jadi pusat RnD, gandeng perguruan tinggi, UMKM, mendukung riset dan paten. Inilah yang kita citakan bersama-sama. Digitalisasi jadi basis pengembangan industri dengan menempatkan produsen lokal jadi raja di negeri sendiri,” pungkasnya.