Sering Kali Manusia Mengalami Tiba-Tiba Ngantuk, Ingin Tau Solusinya ?

Kamu gampang mengantuk? Jangan khawatir. Mengantuk yaitu respon yang wajar saat seseorang merasa lelah dan ingin tidur. Keadaan ini umumnya terjadi di malam hari, tetapi tak jarang juga di siang hari saat sedang berkesibukan.

Tentunya menjengkelkan saat kita seharusnya berada dalam kondisi bugar dan segar, tetapi tubuh memaksa kita untuk tidur karena mengantuk. Pada tulisan ini, kita akan membahas apa saja yang dapat dijalankan untuk mencegah rasa kantuk berlebih di saat-saat tertentu.

Memperoleh waktu yang cukup untuk tidur

Seberat apa saja kita mengantuk, solusi terbaiknya yaitu tidur. Kalau kita tak menerima kuantitas dan kwalitas tidur yang baik, besar kemungkinan rasa kantuk akan menghampiri di siang hari. Kita tak ingin dong mengantuk mengganggu kesibukan?

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes) melewati situs webnya menulis, orang dewasa berusia 18-40 tahun membutuhkan 7-8 jam untuk tidur berkualitas. Disebutkan juga, pola tidur yang baik (terencana dengan kuantitas yang baik) dapat menghindari kita dari risiko penyakit seperti diabetes dan penyakit jantung. Jadi tak cuma menghindari ngantuk saja ya!

Tidur siang

Kalau memungkinkan, tidur siang dapat jadi solusi sementara terbaik. Tidur siang di beberapa kebudayaan dan negara pun dijadikan kebiasaan karena imbasnya dalam membikin tubuh kembali segar. Umpamanya Spanyol melewati Siesta atau kebiasaan tidur siang selama 15-30 menit di tengah hari.

Perbanyak beristirahat atau jeda dari kesibukan

Mengantuk dapat muncul karena kita terlalu menaruh banyak perhatian, fokus, dan daya pada suatu kesibukan. Walaupun sekecil berjam-jam di depan komputer kantor. Walaupun, profesi yang dijalankan dengan kondisi kurang fit seperti mengantuk membikin kita jangka membikin kesalahan.

Guna menyelesaikannya, kamu dapat memakai metode 20-20-20, apa itu? Intinya, kita dapat memberikan jeda selama 20 detik dengan memandang ke objek minimal sejauh 20 kaki (6 meter) tiap-tiap menatap layar sebanyak 20 menit.

Konsumsi kafein seperti kopi

Kopi sudah dikenal sebagai solusi ampuh pengusir kantuk. Hal ini dikarenakan kandungan kafein yang secara alami menstimulasi serta menyokong daya dan fokus. Selain kopi, kafein pun terdapat pada the, cokelat panas, dan soda.

Akan tetapi, kita seharusnya waspada karena terlalu banyak mengkonsumsi kafein juga tak baik bagi kesehatan karena menyebabkan meningkatnya detak jantung, sakit kepala, dan rasa khawatir.

Berkesibukan jasmani

Sadarkah kamu kalau kesibukan yang tak membutuhkan banyak gerakan umumnya yang paling menyebabkan kantuk? Kurangnya gerakan jasmani dikenal mengakibatkan terjadinya dekondisi metode muskuloskeletal dan kardiovaskular tubuh sehingga kita gampang mengantuk. Mencoba untuk bergerak seperti jalan kaki atau sedikit workout dapat bantu kamu menghilangkan kantuk.

Konsultasikanlah ke dokter kalau kantuk sudah parah

Rasa kantuk yang dialami tak kunjung sirna dapat jadi tanda suatu penyakit seperti sleep apnea, narkolepsi, insomnia, dan lain-lain. Karenanya dari itu konsultasi ke dokter dapat dijadikan opsi. Dokter akan memberikan serangkaian tips menyesuaikan dengan kesibukan serta kebiasaan. Kalau diperlukan, dokter akan memberikan resep obat yang dapat membantu kamu terlelap dengan cepat.

error: Content is protected !!