Mengetahui Jurusan Teknologi Pangan: Mata Kuliah, Daftar Universitas, dan Prospek Kerja

Kalau mendengar jurusan Teknologi Pangan, apa sih yang ada di benak kamu? Tentu, soal makanan. Namun, apa sih sebenarnya jurusan Teknologi Pangan itu? Via artikel ini, kita akan bersama-sama menguliti jurusan Teknologi Pangan, mulai dari mata kuliah, daftar universitas dengan jurusan ini, hingga prospek kerjanya. Yuk, simak selengkapnya!

For your information, jurusan Teknologi Pangan makin hari makin banyak peminatnya, lho! Pun, jurusan ini juga populer di luar negeri. Di luar negeri, jurusan Teknologi Pangan lebih dikenal dengan sebutan Food Technology atau Food-Tech. Bidang ilmu ini mulai dikenal dikala Louis Pasteur menemukan cara pengolahan susu yang kini disebut dengan pasteurisasi.

Dengan kecanggihan teknologi zaman kini, jurusan Teknologi Pangan akan semakin populer. Jurusan ini diprediksikan akan terus mahjong ways berkembang dengan banyak produk yang diciptakan. Tahukah kamu apa saja produk hasil teknologi pangan ini? Yup, teh celup, susu kental manis, mie instan, hingga kopi kemasan. Pun, frozen food juga termasuk hasil teknologi pangan, lho!

Sebenarnya, Apa itu Jurusan Teknologi Pangan?
Diinfokan dari bermacam sumber, jurusan Teknologi Pangan merupakan ilmu yang mempelajari seluruh cara kerja pengolahan bahan pangan supaya menjadi makanan yang dapat dikonsumsi. Pelaksanaan ini mencakup sortasi, pengawetan, pengemasan, hingga distribusi. Via jurusan ini juga, kamu akan diajar untuk memproduksi makanan dengan menjaga dan menentukan walhasil aman dan konsisten bergizi untuk dikonsumsi.

Lebih lanjut, jurusan Teknologi Pangan juga menekankan para mahasiswa untuk mempelajari sifat fisis, mikrobiologis, dan kimia dari bahan pangan dan cara kerja pengolahannya. Tak cuma itu, kamu juga akan diajar pengetahuan mengenai alat dan mesin produksi yang akan dipakai. Fokus utama dari ilmu teknologi pangan terdapat pada panganan dalam kemasan. Meskipun demikian, kamu juga akan mempelajari cara kerja panganan lainnya.

Industri pangan pasti terus berkembang, apalagi dengan kecanggihan teknologi di masa kini. Dengan ilmu yang didapatkan semasa kuliah di jurusan Teknologi Pangan, kamu dapat berkontribusi untuk menciptakan makanan yang sehat, bergizi, dan aman dikonsumsi. Bagi kamu yang punya passion di bidang makanan, kesehatan, dan sains, tentu jurusan Teknologi Pangan akan betul-betul layak!

Mata Kuliah Jurusan Teknologi Pangan
Kuliah di jurusan Teknologi Pangan tidak akan membosankan, lho! Hal ini sebab akan banyak praktikum memasak yang dijamin bikin kuliah makin mengasyikan. Nggak cuma itu, kamu juga akan diajak fieldtrip ke bermacam pabrik makanan besar untuk belajar lebih jauh perihal pengolahan makanan. Pada walhasil, seluruh ini supaya para mahasiswa dapat belajar pengolahan makanan dengan baik, mencakup sortasi, pengawetan, pemrosesan, pengemasan, penyimpanan, hingga distribusi produk makanan.

Jurusan Teknologi Pangan memiliki bermacam mata kuliah yang akan dipelajari. Ilmu-ilmu dasar seperti matematika, fisika, kimia, akan konsisten kamu temukan. Kecuali itu, kamu juga akan menerima mata kuliah Pengantar Ilmu Teknologi Pangan supaya nantinya kamu lihai dalam pemakaian teori ke praktik pengolahan pangan.

Pada semester berikutnya, kamu akan mendapat mata kuliah yang lebih khusus, termasuk kimia pangan, mikrobiologi pangan, hingga cara-cara membikin produk fermentasi yang baik dan benar. Mata kuliah lain yang akan diajar merupakan keamanan pangan, teknologi pengolahan pangan, analisa pangan, hingga kewirausahaan pangan. Pada mata kuliah kewirausahaan pangan, kamu akan belajar implementasi produk pangan yang kreatif dan inovatif, serta cara pemasaran dengan prinsip-prinsip marketing.