Mengenal Perbedaan Media Cetak dan Elektronik Dan Pengertianya

Terkait dengan komunikasi massa, ada 2 sarana utama yang digunakan untuk menyebarkan berita atau pesan terhadap khalayak ramai. Ini yakni media cetak, umpamanya koran dan majalah, dan media elektronik seperti televisi, radio, hingga dunia maya. Berikut perbedaan media cetak dan elektronik yang mendasar untuk menambah wawasan Anda.

Pengertian dan Model Media Cetak Dan Elektronik

Media cetak yakni sarana penyebaran berita yang paling tua. Karakteristik utamanya yakni bersifat hard copy atau mempunyai wujud lahiriah yang diproduksi dengan bahan kertas dan tinta menerapkan mesin cetak.

Tujuan pembuatan media cetak yakni untuk menyebarkan berita, pesan, berita, termasuk iklan terhadap publik. Variasi media cetak yang utama yakni koran alias surat berita atau tabloid, majalah, dan buku.

Koran dan tabloid didominasi oleh materi berita dalam wujud tulisan dan iklan yang dipersembahkan secara menarik untuk menarik minat pembaca. Kedua media cetak tersebut terbit secara teratur baik harian ataupun mingguan.

Selanjutnya yakni majalah dengan konten berupa wawancara, opini, atau fitur, dengan ragam majalah tersebut. Ini umpamanya majalah olahraga, kesehatan, fashion wanita, parenting, dan lain-lain. Iklan yang termuat biasanya juga relevan dengan niche majalah itu.

Contohnya reklame produk popok bayi pada majalah ibu dan buah hati, aftershave pada majalah pria, fashion item kekinian untuk majalah remaja, dan seterusnya.

Buku teks, kumpulan cerpen, sastra, dan sebagainya juga termasuk media cetak yang mungkin saja membawa kampanye tertentu. Ini dapat berhubungan dengan produk, pemikiran, pandangan baru, atau propaganda.

Sementara media elektronik yakni wujud perkembangan baru media komunikasi massa melewati perangkat elektronik untuk menyebarkan berita. Ini umpamanya televisi, radio, dan gawai dengan dunia maya yang pengaplikasiannya semakin meluas pada era komputerisasi ini.

Perangkat-perangkat tersebut dapat memuat berita dalam wujud audio, visual, multimedia, konten online, dan sebagainya.

Skor Mendasar Dalam Perbedaan Media Cetak Dan Elektronik

● Wujud media

Media cetak mempunyai wujud lahiriah berupa hard copy berbentuk kertas yang memuat tulisan dan gambaran gambar. Semetera media elektronik tersaji pada perangkat elektronik dalam wujud bunyi, visual, multimedia, konten online, animasi interaktif, dan sebagainya.

● Pemirsa

Audiens dari media cetak yakni orang-orang yang melek huruf sehingga kapabel memahami maksud tulisan. Sementara media elektronik lebih fleksibel dan dapat menjangkau lebih banyak kalangan, termasuk mereka yang buta huruf.

● Kemudahan mengakses berita terbaru

Media cetak terbit secara teratur baik mingguan atau bulanan, berbeda dengan media elektronik yang memungkinkan pengguna mengakses publikasi kapan saja. Ini tentu saja berhubungan dengan konten online di dunia maya yang hadir 24 jam sehari dan 7 hari seminggu menyediakan bermacam-macam ragam berita dan publikasi teraktual.

Walaupun pula bagi pemilik konten dapat memutakhirkan publikasinya cocok kehendak, umpamanya ketika ada berita pemberitahuan terbaru dari otoritas yang berwenang.

● Jangkauan

Pada media cetak cakupan jangkauannya lebih terbatas ketimbang media elektronik, yakni hanya meliputi kota, provinsi, atau negara tertentu. Tapi media elektronik dapat menjangkau segala orang di segala dunia yang terhubung dengan dunia maya.

● Keterlibatan pemirsa

Audiens tidak dapat memberikan reaksi secara seketika pada publikasi media cetak. Kecuali untuk konten berita online Anda bebas berkomentar menyuarakan opini, suka suatu berita, hingga membagikannya terhadap orang lain.

Dengan kata lain media elektronik lebih interaktif dalam melibatkan pemirsa ketimbang media cetak.

Baca Juga : HP Yang Bakal Rilis Januari 2024, Spesifikasi Canggih dan Harga Terjangkau

Baca Juga : Cek Faktanya! Rokok Elektronik Memiliki Risiko Kesehatan Lebih Rendah daripada Rokok

Dari segi wujud perangkat, sudah terang bahwa media cetak mempunyai wujud kongkrit berupa lembaran kertas yang dapat disentuh atau Anda bawa kemana-mana. Sementara media elektronik menayangkan materi infonya dalam wujud gambar bergerak, bunyi, animasi, atau konten online.

Tidak itu perbedaan media cetak dan elektronik juga meliputi ragam audiens, kemampuan jalan masuk berita terbaru, jangkauan, hingga keterlibatan audiens.

Bagi pebisnis yang berkeinginan membangun brand awareness untuk suatu produk atau layanan, Anda dapat menggabungkan kedua ragam media tersebut untuk beriklan.

hanya memasang reklame pada media cetak untuk meningkatkan trust, manfaatkan iklan advertorial online demi menjangkau lebih banyak target konsumen.

Ini sebab teladan iklan berupa konten tulisan informatif memberikan value tersendiri terhadap pemirsa, meski tetap memuat promosi produk atau jasa tertentu. Satu lagi keunggulan iklan advertorial yakni mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk dibagikan oleh audiens.

error: Content is protected !!