Ketahui Pengertian Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya

Perangkat keras atau hardware adalah bagian jasmani dalam suatu sistem komputer. Perangkat keras hal yang demikian berperan mengerjakan tugas-tugas komputasi dan pengolahan data.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi daring, perangkat keras adalah perlengkapan jasmani (komputer dan sebagainya). Kecuali itu, hardware diistilahkan sebagai perangkat dan peranti yang mendorong sistem komputer.

Bagian-bagian hardware ini termasuk semua bagian yang dapat diamati dan sentuh pada perangkat hal yang demikian.

Hardware berbuat sebagai kerangka kerja jasmani yang memungkinkan perangkat lunak (software) berjalan dan mengerjakan tugas-tugas tertentu.

Perangkat keras adalah bagian penting dalam pengoperasian komputer. Tanpa hardware yang ideal, perangkat lunak tidak akan mempunyai platform untuk berjalan dan mengerjakan tugas-tugasnya.

Perangkat keras ini bekerja bersama-sama untuk mengaktifkan fungsi dan operasi dari komputer atau perangkat elektronik lainnya.

Tiap-tiap bagian mempunyai peran penting dalam mengerjakan tugas-tugas yang berbeda, dan mereka sepatutnya berfungsi secara beriringan agar perangkat hal yang demikian dapat beroperasi dengan baik.

Itulah sedikit penjelasan tentang pengertian perangkat keras komputer. Untuk lebih jelasnya, ketahui fungsi perangkat keras, tipe, sampai seumpama.

Berikut ini fungsi perangkat keras, tipe, dan seumpama yang perlu diketahui, dilansir dari sdndinoyo3malang.sch.id, Selasa (10/10/2023).

Fungsi Perangkat Keras

Masing-masing perangkat keras komputer mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Secara lazim, ada empat fungsi utama dari hardware, adalah:

1. Menerima Input

Perangkat keras tertentu mempunyai fungsi khusus untuk mendapatkan input yang dilakukan oleh user. Usul hal yang demikian nantinya akan diproses menjadi info baru.

2. Mengolah Data/Berita

Sesudah mendapatkan masukan atau input, beberapa perangkat keras mempunyai fungsi khusus untuk mengolah atau memproses input hal yang demikian menjadi info baru.

3. Memberikan Output

Sesudah diproses, perangkat keras tertentu akan memberikan output atau keluaran kepada user. Tiap-tiap output yang diamati oleh user akan ditampilkan melewati perangkat keras khusus.

4. Menyimpan Data/Berita

Output yang diwujudkan oleh komputer dapat disimpan dalam perangkat penyimpanan sekunder pada komputer.

Perangkat keras untuk menyimpan data tidak cuma terpasang di dalam komputer, tetapi ada juga perangkat keras yang dipasang di luar.

Jenis-Jenis Perangkat Keras Menurut Fungsinya

Untuk melengkapi pengertian hardware di atas, berikut ini tiga tipe hardware atau perangkat keras berdasarkan fungsinya:

1. Perangkat Usul (Input Device)

Input device (perangkat masukan) adalah hardware atau perangkat keras yang berfungsi untuk memasukkan data atau info ke komputer. Data atau info hal yang demikian dapat berbentuk gambar, teks, video, dan audio.

Beberapa figur input device, antara lain:

  • Keyboard
  • Mouse
  • Microphone
  • Webcam

2. Perangkat Pemrosesan (Process Device)

Process device adalah perangkat komputer yang berfungsi untuk mengolah atau memproses berbagai data dan info yang dimasukkan ke komputer.

Process device dapat juga disebut sebagai “otak” komputer sebab dapat memproses info yang dimasukkan ke komputer.

Beberapa figur process device, antara lain:

  • CPU (Central Processing Unit)
  • VGA (Video Graphics Adapter)
  • RAM (Random Access Memory)
  • Power Supply

3. Perangkat Keluaran (Output Device)

Output device adalah perangkat dalam komputer yang berfungsi untuk menampung dan menjadikan data-data di dalam komputer yang kemudian dikeluarkan melewati perangkat lain yang terhubung ke komputer.

Umpamanya info atau data yang dikeluarkan dalam format gambar, teks, video, dan audio. Beberapa hardware untuk ouput divice hal yang demikian di antaranya:

  • Monitor komputer
  • Proyektor
  • Printer

4. Perangkat Penyimpanan (Storage Unit)

Perangkat penyimpan adalah perangkat keras yang dapat menyimpan info dan data, baik perangkat di dalam komputer ataupun di luar komputer.

Satu di antara figur storage unit adalah harddisk yang berfungsi sebagai alat penyimpanan data di dalam komputer.

Penyimpanan data tidak cuma dapat dilakukan dalam komputer, tetapi dapat juga dilakukan di luar komputer dengan harddisk eksternal.

5. Perangkat Tambahan (Periferal)

Periferal adalah perangkat keras yang berfungsi menolong komputer dalam mengerjakan instruksi dari pengguna.

Modem adalah satu di antara figur perangkat tambahan pada komputer yang berfungsi menghubungkan perangkat komputer dengan jaringan internet.

Baca Juga : Cek Faktanya! Rokok Elektronik Memiliki Risiko Kesehatan Lebih Rendah daripada Rokok

Baca Juga : Mengenal Perbedaan Media Cetak dan Elektronik Dan Pengertianya

Contoh Perangkat Keras Komputer

Di bawah ini beberapa figur hardware pada komputer, antara lain:

1. Contoh Hardware Input Device

Keyboard

Perangkat ini berfungsi menolong pengguna memasukkan simbol, angka ke dalam komputer. Formatnya seperti papan dan terdapat berbagai tombol huruf, angka, dan simbol.

Mouse

Perangkat yang berfungsi untuk menggerakkan kursor pada layar komputer dan memudahkan memilih menu yang ada di komputer.

Scanner

Perangkat keras ini berperan untuk mengubah dokumen hard copy menjadi soft copy. Perangkat keras ini penting untuk mengarsipkan dokumen-dokumen yang sudah dibubuhi stempel dan tandatangan.

2. Contoh Hardware Process Device

CPU

CPU adalah otak komputer yang mengendalikan semua pelaksanaan kerja pada komputer, mulai intruksi, pengolahan, sampai menjadikan output.

VGA

VGA adalah hardware yang berfungsi untuk memproses atau mengolah data grafis dan hasil progresnya ditampilkan pada layar monitor komputer.

RAM

Random Access Memory (RAM) adalah perangkat keras pada komputer yang sangat menetapkan kecepatan akses komputer.

Contoh Perangkat Keras Komputer

3. Contoh Hardware Output Device

Monitor

Monitor adalah bagian primer yang sepatutnya dimiliki tiap-tiap perusahaan untuk mengerjakan berbagai pekerjaan yang berkaitan dengan data dan dokumen.

Printer

Sebagai bagian output atau format realisasi dari instruksi, printer berfungsi mencetak semua tipe dokumen yang diperlukan.

Proyektor LCD

Proyektor LCD berfungsi menolong menunjukkan gambar atau video dari komputer ke layar LCD. Dengan memakai proyektor LCD karenanya berbagai presentasi dapat dikenalkan dengan lebih jelas.

4. Contoh Hardware Storage Device

Harddisk

Harddisk berfungsi untuk menyimpan data atau info pada komputer dengan kapasitas yang besar. Kecuali di dalam komputer, harddisk ketika ini ada juga yang wujudnya portable, atau sering kali disebut dengan harddisk eksternal.

Flashdisk

Flashdisk berfungsi sebagai alat menyimpan data dari komputer dan mempunyai konektor USB untuk mengkaitkannya ke komputer atau media lainnya.

Umumnya flashdisk dipakai untuk memindahkan data dari satu komputer ke komputer lainnya.

Optical Disk

Media penyimpanan data yang dapat ditulis/dibaca oleh sinar laser. Media penyimpanan data Optical Disk adalah Compact Disk (CD) dan Digital Versatile Disk (DVD).

5. Contoh Hardware Periferal

Modem

Modem adalah hardware yang berfungsi sebagai alat komunikasi yang dapat mengubah sinyal komputerisasi menjadi sinyal analog, ataupun sebaliknya. Modem dapat memungkinkan komputer terhubung ke internet.

error: Content is protected !!