Perkembangan Teknologi, Isu dan Komunikasi Jaman Kini

Kalau mengobrol seputar teknologi, tentunya tak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Selamanya, selama peradaban manusia masih ada, teknologi akan terus menjadi hal terutama dalam kehidupan. yang ketika ini sedang menjadi trand dan ramai diperbincangkan yakni teknologi isu dan komunikasi (TIK) yang mana yakni salah satu hal terutama di abad ini. Tidak dapat diacuhkan apabila TIK tak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Mulai dari anak kecil hinga orang tua, pedagang kecil sampai pengusaha besar, baik disadari maupun tak telah seperti itu tergantung pada TIK.

Kalau diperhatikan dari kacamata sejarah, TIK hakekatnya telah mulai diketahui manusia sejak beratus-ratus berabad-abad lalu. Sejak manusia dibuat di muka bumi ini, manusia telah mulai mencoba berkomunikasi dengan symbol-simbol dan isyarat. ini yakni titik permulaan perkembangan TIK. TIK berkembang dengan sungguh-sungguh pesat sampai ketika ini. Dikala ini, jarak dan waktu seakan tak lagi menjadi halangan dalam berkomunikasi. Orang yang berada di pulau yang berbeda pun negara yang berbeda kini telah mampu melakukkan spaceman slot komunikasi pun mampu ditampilkan secara visual. Salah satu hal yang sedang menjadi isu terkini sat ini yakni kesibukan yang berbasis internet dan elektronik. Beberapa figur diantaranya yakni e-learnig, e-banking, e-library, e-labolatory, e-mail dan sebagainya. Kegiatan-kesibukan berbasis elektronik ini telah pasti sungguh-sungguh menolong kesibukan manusia. Dengan hal tersebut di atas, dimensi ruang dan waktu tak lai menjadi hambatan. Kecuali itu,pelaksanaan pengolahan data pun kian pesat dan efisien. Bermacam-macam barang elektonik mulai dari televise, handphone, pager, PDA, laptop sampai palmtop telah menjadi barang-barang yang tak asing lagi bagi masyarakat. Perkembangan TIK pun kian pesat seiring dengan ditemukannya alat-alat yang lebih canggih.

Memandang apa yang terjadi ketika ini, dapat dibayangkan apa yang mungkin dapat terjadi di masa nanti. Jauhnya jarak tak lagi akan terasa. Kelak komunikasi jarak jauh akan dijalankan dengan hologram tiga dimensi yang seperti itu riil. Profesi-profesi manusia akan mulai dijalankan oleh robot yang bekerja secara otomatis dan mampu belajar dari pengalamannya sehingga mampu membetulkan kesalahan yang ia lakukan dengan sendirinya. Teknologi komputer pun akan berkembang dengan pesat. Pengaruh masa depan akan mampu merespon tindakan-tindakan manusia dan memahami bahasa manusia. Lebih canggihnya lagi, komputer generasi yang akan datang diramalkan, akan memiliki perasaan layaknya manusia.

Kalau Perkembangan Teknologi

Sisi positifnya yakni masyarakat yang menjadi pengguna aktif teknologi, laman-laman, serta media komunikasi sosial, mereka dapat mempersembahkan isu dan juga mendapatkan isu secara lebih mudah. Komunikasi terutama di Indonesia terasa seakan menjadi lebih mudah seiring perkembangan teknologi ini.Figur diperhatikan dari sisi negatifnya, kemajuan teknologi ini membikin orang menjadi malas untuk berkomunikasi secara langsung. Orang lebih memilih berinteraksi lewat handphonenya ketimbang berkomunikasi dengan orang disekitarnya. Dikala, seorang anak sibuk ber-chatting dengan teman lewat handphone miliknya ketimbang mengobrol dengan saudaranya ketika acara keluarga sedang berlangsung. Kadang kemajuan teknologi ini juga membikin seseorang menjadi kurang sensitif dengan ekspresi ketika sedang berkomunikasi dengan lawan bicaranya.

Dikala orang telah terlalu sibuk dengan telepon atau PC miliknya, lalu mereka menghabiskan waktu yang cukup lama untuk berinteraksi di dunia maya, mereka tak sadar bahwa ketika itu mereka sedang membuang waktunya untuk berinteraksi dengan hidup hakekatnya yang berada disekitar mereka. Banyaknya pengguna sosial media dan pengakses internet ini, menggambarkan bahwa masyarakat Indonesia lebih menyenangi berinteraksi dan bergaul secara virtual dengan pengguna sosial media dan internet lainnya.

Dunia informasi lapangan yang dijalankan MarkPlus Insight (dailysocial.net) pada tanggal 13 November 2012 mengenai pengguna internet di Indonesia, ada tiga hal yang dapat mendorong pernyataan mengenai banyaknya orang yang berkomunikasi virtual. 40% dari pengguna Dunia di Indonesia, yakni sekitar 24,2 juta penduduk mengakses Dunia lebih dari 3 jam di setiap harinya. Kecuali itu, mayoritas pengguna Dunia di Indonesia ini berusia 15 sampai 35 tahun. Serta kurang lebih 56,4% orang termasuk bargain hunter yakni masyarakat yang dapat mengakses Dunia untuk mencari isu serta semua hal untuk kebutuhan dirinya dalam waktu yang cukup lama.

Dunia khusus untuk Indonesia, kemajuan di bidang teknologi ini sungguh-sungguh berakibat kepada beragam aspek. Aspek tersebut diantaranya di sektor ekonomi dan juga sosial. Kecuali data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Menkominfo), salah satu dari jajaran Menteri Republik Indonesia tersebut menyuarakan bahwa Indonesia sebagai salah satu negara yang masyarakatnya terbanyak mengakses Dunia di dunia. Kecuali itu, ada juga sebuah lembaga riset menceritakan bahwa Indonesia yakni peringkat ke lima dalam daftar pengguna smartphone terbesar di semua dunia. Di dalam data tersebut juga diceritakan bahwa Indonesia menduduki posisi 5 besar dengan pengguna aktif internet yakni sebanyak 47 juta atau sekitar 14% dari semua sempurna pengguna smartphone.

Salah satu pakar komunikasi massa yakni Harold D. Laswell dan Charles Wright pernah menyuarakan fungsi sosial media massa. Fungsi hakekatnya antara lain yang pertama sebagai salah satu format upaya penyebaran isu dan interprestasi seobjektif mungkin mengenai peristiwa yang terjadi (Social Surveillance). Kedua, sebagai upaya penyebaran isu yang dapat menghubungkan satu klasifikasi sosial dengan klasifikasi sosial lainnya (Social Correlation). Sebab sebagai upaya pewarisan poin-poin luhur dari satu generasi ke generasi selanjutnya (Socialization). Dan yang terakhir yakni sebagai penghibur khalayak ramai (Entertainment). (Dahlan, 2008)

Keempat fungsi menurut Harold D. Laswell dan Charles Wright ini mulai terkikis sehubungan dengan kemajuan teknologi yang sedang terjadi. Figur batasan akan komunikasi massa dan komunikasi antar pribadi menjadi agak semu. Memandang dengan kian berkembangnya teknologi terutama di Indonesia, mengikuti itu akan muncul juga cara-cara berkomunikasi yang baru, dalam hal ini misalkan lewat sosial media. Mungkin kini fungsi telepon genggam dari yang mulanya hanya berfungsi untuk mengirimkan pesan atau menelepon seseorang telah berkembang jauh menjadi ‘laptop’ yang dapat dengan mudah dibawa kemana saja. Dikala yang berkaitan dengan perkembangan tersebut yakni kini seseorang bias saja tak mengetahui nomor telepon seseorang walaupun orang tersebut yakni teman karibnya. Orang tersebut lebih memilih menaruh pin bb diperbandingkan dengan menaruh nomor telepon orang itu.

Memandang fenomena yang sedang terjadi terutama di Indonesia ini, sungguh-sungguh dikhawatirkan perkembangan teknologi itu membawa dampak buruk kepada kehidupan sosial masyarakat Indonesia. Sehubungan dengan perkembangan ini, dibutuhkan juga peningkatan akan kesadaran masyarakat mengenai lingkungan sekitarnya. Perubahan sebab perkembangan teknologi yang terjadi cukup pesat ini, secara tak sadar maupun sadar telah mengubah beberapa pola hidup masyarakat terutama Indonesia. Sebab kini banyak sekali anak-anak yang mengalami ketergantungan akan gadget mereka maupun orang tuanya.

Kecuali itu dampak negatifnya yakni perkembangan mereka dalam hal bersosialisasi menjadi sungguh-sungguh lamban. Memandang mereka terlalu konsentrasi dengan gadget tersebut. Dan di Indonesia kini, peranan media massa, teknologi, serta sosial media memegang kendali yang cukup tinggi. tersebut dapat dengan mudah dan relatif pesat untuk mempengaruhi opini publik. Dikala, di dalam dunia Twitter diketahui istilah buzzer. Buzzer disini berperilaku semacam opinion leader yang apabila orang itu men-tweet sesuatu, karenanya akan banyak yang berfikir seperti buzzer tersebut berfikir. Kemajuan teknologi memang membawa dampak positif yang banyak tetapi seperti itu juga dampak negatifnya. Dalam kasus buzzer ini misalnya, apabila isu yang disebarkan yakni ilmu penting dan bermanfaat karenanya itu menjadi hal yang sungguh-sungguh positif, tetapi apabila isu tersebut yakni rekayasa atau fitnah kepada seseorang atau sesuatu karenanya hal itu akan merugikan pihak berkaitan.

yang perlu kita observasi yakni semua orang terutama masyarakat Indonesia semestinya benar-benar cerdas utnuk memilah mana sisi positif dan negatifnya supaya perkembangan teknologi yang terjadi serta bagaimana komunikasi itu selayaknya dijalankan, dijalankan dengan benar  dan sepadan.